Profil

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan merupakan fakultas yang kelahirannya tidak terlepas dari lahirnya IAIN Samarinda. Dahulu IAIN Samarinda adalah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Samarinda (STAIN Samarinda) yang merupakan penyatuan fakultas cabang yang menginduk pada IAIN. Penyatuan ini didasarkan pada tuntutan zaman yang mengharuskan pengembangan kelembagaan Pendidikan Tinggi Islam di Indonesia.
Fakultas tarbiyah pada saat itu bernama jurusan tarbiyah yang merupakan jurusan tertua di STAIN Samarinda. Jurusan tarbiyah merupakan cabang dari IAIN Sunan Ampel. Jurusan terbiyah merupakan modal awal dan utama yang dimiliki STAIN Samarinda. Jurusan tarbiyah memiliki tenaga pengajar yang kompeten dan memadai dengan kualifikasi sesuai kebutuhan jurusan tarbiyah. Tenaga pengajar berasal dari dalam dan luar negeri.
Lahirnya STAIN Samarinda dilatarbelakangi oleh adanya suatu gagasan dari para tokoh organisasi Islam untuk mendirikan PT Islam di Kaltim. Pada tanggal 18 Agustus 1963, Gubernur KDH. TK. I Kalimantan Timur meresmikan berdirinya Sekolah Persiapan Institut Agama Islam Kalimantan Timur (SPIAI).
Selanjutnya pada bulan Nopember 1968 secara resmi Fakultas Tarbiyah IAl Kalimantan Timur dijadikan Fakultas Tarbiyah IAIN di bawah asuhan IAIN Sunan Ampel Surabaya, dengan SK Menteri Agama RI No. 167/1968. Pada tanggal 16 Juni 1997 terjadi alih status dari Fakultas Tarbiyah IAIN Antasari Samarinda menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Samarinda, sebagaimana tercantum dalam Keputusan Presiden RI. Nomor 11 Tahun 1997 dan Keputusan Menteri Agama RI. Nomor 312 Tahun 1997.
Pada tahun 2014 STAIN Samarinda berubah menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda, mempunyai empat Fakultas yang salah satunya adalah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) yang memiliki enam program studi. Program studi tersebut adalah Pendidikan Agama Islam (PAI), Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Tadris Bahasa Inggris (TBI), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD).