Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Sejarah Singkat Program Studi

Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD) adalah program studi termuda yang ada di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Samarinda. Sejak diterbitkan SK Ketua STAIN Samarinda No. 016 tahun 2012 tentang persetujuan pendirian program studi PIAUD jurusan Tarbiyah STAIN Samarinda, prodi ini mulai mewarnai kegiatan akademis di lingkup jurusan Tarbiyah. Seiring dengan terbitnya pendirian prodi PGRA, kemudian diajukan izin operasional dan mendapatkan izin penyelenggaraan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam No. 2867/2012. 

Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD) IAIN Samarinda berupaya melakukan reformulasi visi, misi, tujuan dan sasaran program studi. Oleh karena itu, program studi menyelenggarakan suatu agenda kegiatan yang melibatkan berbagai unsur di STAIN Samarinda dengan tujuan memenuhi standar akreditasi perguruan tinggi.

Visi dan Misi

Visi  Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD) IAIN Samarinda adalah :

“Pelopor dalam Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini Menuju Program Studi Kompetitif 2025.”

Misi  Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD) IAIN Samarinda adalah;

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berorientasi pada peningkatan kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi pedagogik, kompetensi profesional dan kompetensi kepemimpinan
  2. Menciptakan lingkungan fakultas yang berorientasi pada kemantapan akidah, pengamalan nilai-nilai Islam, kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan inovatif
  3. Meningkatkan kapasitas dan mutu kelembagaan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  4. Membangun tradisi akademik yang kuat dalam penelitian dan karya ilmiah bagi civitas akademika fakultas
  5. Menyelengggarakan sistem pelayanan administrasi, akademik dan kemahasiswaan yang humanis, cepat dan tepat.
  6. Berperan aktif membangun kerjasama dengan pihak terkait dalam pengembangan pendidikan.

Tujuan

Tujuan Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD) adalah:

  1. Menghasilkan pendidik dan tenaga kependidikan yang memiliki kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi pedagogik, kompetensi profesional dan kompetensi kepemimpinan
  2. Menghasilkan pendidik dan tenaga kependidikan yang berakhlak islami, berkedalaman ilmu, berpikir kritis, kreatif, dan inovatif serta profesional di bidang pendidikan dan keguruan
  3. Membuka program studi baru dan meningkatkan kualitas program studi di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  4. Mencetak pendidik dan tenaga kependidikan yang memiliki tradisi akademik yang kuat dalam bidang teori, kebijakan dan implementasi pendidikan dan pembelajaran
  5. Meningkatkan sistem pelayanan administrasi, akademik dan kemahasiswaan yang humanis, cepat dan tepat
  6. Terjalin kerjasama dengan pihak terkait dalam dan luar negeri dalam pengembangan pendidikan.

Sasaran

Sasaran penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD) IAIN Samarinda adalah  sebagai berikut ;

  1. Sarjana/lulusan yang memiliki kompetensi spiritual, akademik,  profesional, sosial dan berjiwa kewirausahaaan
  2. Sarjana/lulusan yang mampu menerapkan, menyebarkan dan mengembangkan serta menciptakan ilmu pengetahuan dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD).
  3. Pengembangan pendidikan guru Raudhatul Athfal yang berwawasan kemanusiaan dan Peradaban.
  4. Pengembangan budaya ijtihad dalam pendidikan guru Raudhatul Athfal secara multidisiplin bagi kepentingan akademik dan masyarakat.
  5. Peningkatkan peran serta dalam pemberdayaan masyarakat melalui penerapan pendidikan guru Raudhatul Athfal bagi terwujudnya masyarakat madani.
  6. Pengembangan jaringan kerjasama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

 

PROFIL LULUSAN

Lulusan Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD) IAIN Samarinda diproyeksikan untuk memasuki pasaran kerja sebagai berikut ;

  1. Menjadi tenaga pendidik/guru Anak Usia Dini (PIAUD) pada pendidikan informal, formal maupun non formal.
  2. Menjadi tenaga pendidik/administrator pendidikan pada pendidikan formal maupun non formal.
  3. Menjadi manajer pendidikan pada pendidikan formal maupun non formal.
  4. Menjadi tenaga penyuluh agama pada masyarakat Muslim.
  5. Menjadi tenaga konsultan pendidikan AUD pada lembaga pendidikan Islam.
  6. Menjadi pegawai pada instansi pemerintahan
  7. Menjadi karyawan perkantoran.