Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

SEJARAH SINGKAT PMGI

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) merupakan salah  satu program studi termuda yang ada di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Samarinda. Berdirinya program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) bersamaan dengan program studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (PGRA).

Secara administrastif, program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) mulai beroperasi sejak terbitnya SK Ketua STAIN Samarinda No. 016 tahun 2012 tentang persetujuan pendirian program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) yang selanjutnya mendapatkan surat izin penyelenggaraan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) nomor 2867/2012.  

Program studi pendidikan guru madrasah ibtidaiyah (PGMI) STAIN Samarinda berupaya melakukan reformulasi visi, misi, tujuan dan sasaran program studi. Oleh karena itu, program studi menyelenggarakan suatu agenda kegiatan yang melibatkan berbagai unsur di IAIN Samarinda dengan tujuan memenuhi standar akreditasi perguruan tinggi.

VISI DAN MISI

Visi program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) IAIN Samarinda adalah:

“Pelopor dalam Pengembangan Pendidikan Keguruan Madrasah Ibtidaiyah Menuju Program Studi Kompetitif 2025.”

Misi program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) IAIN Samarinda adalah:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berorientasi pada peningkatan kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi pedagogik, kompetensi profesional dan kompetensi kepemimpinan
  2. Menciptakan lingkungan fakultas yang berorientasi pada kemantapan akidah, pengamalan nilai-nilai Islam, kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan inovatif
  3. Meningkatkan kapasitas dan mutu kelembagaan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  4. Membangun tradisi akademik yang kuat dalam penelitian dan karya ilmiah bagi civitas akademika fakultas
  5. Menyelengggarakan sistem pelayanan administrasi, akademik dan kemahasiswaan yang humanis, cepat dan tepat
  6. Berperan aktif membangun kerjasama dengan pihak terkait dalam pengembangan pendidikan.

TUJUAN

Tujuan Program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) adalah:

  1. Menghasilkan pendidik dan tenaga kependidikan yang memiliki kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi pedagogik, kompetensi profesional dan kompetensi kepemimpinan
  2. Menghasilkan pendidik dan tenaga kependidikan yang berakhlak islami, berkedalaman ilmu, berpikir kritis, kreatif, dan inovatif serta profesional di bidang pendidikan dan keguruan
  3. Membuka program studi baru dan meningkatkan kualitas program studi di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  4. Mencetak pendidik dan tenaga kependidikan yang memiliki tradisi akademik yang kuat dalam bidang teori, kebijakan dan implementasi pendidikan dan pembelajaran
  5. Meningkatkan sistem pelayanan administrasi, akademik dan kemahasiswaan yang humanis, cepat dan tepat
  6. Terjalin kerjasama dengan pihak terkait dalam dan luar negeri dalam pengembangan pendidikan.

SASARAN

Sasaran penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) IAIN Samarinda adalah sebagai berikut ;

  1. Sarjana/lulusan yang memiliki kompetensi spiritual, akademik,  profesional, sosial dan berjiwa kewirausahaaan.
  2. Sarjana/lulusan yang mampu menerapkan, menyebarkan dan mengembangkan serta menciptakan ilmu pengetahuan dalam bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).
  3. Pengembangan pendidikan guru madrasah ibtidaiyah yang berwawasan kemanusiaan dan peradaban.
  4. Pengembangan budaya ijtihad dalam pendidikan guru madrasah ibtidaiyah secara multidisiplin bagi kepentingan akademik dan kemasyarakatan.
  5. Peningkatan peran serta dalam pemberdayaan masyarakat melalui penerapan pendidikan guru madrasah ibtidaiyah bagi terwujudnya masyarakat madani.
  6. Pengembangan jaringan kerjasama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan pelaksaan tri dharma perguruan tinggi.

PROFIL LULUSAN

Lulusan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) IAIN Samarinda diproyeksikan untuk memasuki pasaran kerja sebagai berikut ;

  1. Menjadi pendidik atau tenaga pendidik pada lembaga pendidikan formal tingkat pendidikan dasar atau madrasah ibtidaiyah.
  2. Menjadi tenaga kependidikan/administrator pendidikan pada pendidikan formal maupun non formal.
  3. Menjadi manajer pendidikan pada pendidikan formal maupun non formal.
  4. Menjadi tenaga penyuluh agama pada masyarakat Muslim.
  5. Menjadi tenaga konsultan pendidikan pada lembaga pendidikan Islam.
  6. Menjadi pegawai pada instansi pemerintahan.
  7. Menjadi karyawan perkantoran.