14520377_220608288356011_8162867896989743904_n 14494879_220608731689300_3051936231163477533_n

FTIK NEWS. Reorentasi Pendidikan Islam Dalam Membangun Khazanah Peradaban Islam Menjadi Topik Menarik dalam studium general dilaksanakan oleh Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Rabu (28/09/16) di audituriom Kampus 1 IAIN Samarinda.
Ribuan Mahasiswa FTIK menghadiri acara Studium General. Hajatan Akademik tiap semester itu juga dihadiri oleh Rektor Serta para jajaran pimpinan dilingkungan IAIN Samarinda. Kegiatan dimulai dengan Sambutan Pjs Dekan FTIK Dr. Khojir, M.SI dilanjutkan Sambutan Rektor IAIN Samarinda. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh narasumber Prof. Dr. H. Mujamil Qomar, M.Ag, guru besar pemikiran islam modern IAIN Tulung Agung, yang telah malang melintang dalam dunia pendidikan islam dan menelurkan beberapa karya ilmiah. Diangkatnya tema Reorentasi Pendidikan Islam Dalam Membangun Khazanah Peradaban Islam dengan alasan sejarah kejayaan masa lalu peradaban Islam perlu mendapat renungan kembali, agar generasi penerus dapat berkaca dan terinspirasi dari hal tersebut, tak terkecuali FTIK “Islam pernah mencapai puncak kejayaan dengan tokoh-tokohnya, dan kaitannya dengan pendidikan, FTIK harus menjadi garda terdepan dalam menyokong peradaban Islam” ucap ketua panitia, Dr. Zamroni, M.Pd. Lebih lanjut pria asal nganjuk itu mengatakan bahwa sains dan Agama harus dipadukan agar menjadi ilmu yang utuh , “Tidak boleh didikotomi, harus ada upaya internalisasi antara ilmu pengetahuan dan Agama” tutupnya.
Pjs Dekan FTIK, Dr. Khojir, M.SI dalam sambutannya berharap kepada para mahasiswa FTIK dapat menjadikan narasumber sebagai inspirasi, sehingga mampu berfikir dan berbuat dalam rangka memberi kemajuan dalam dunia pendidikan Islam. Segendang sepenarian dengan Pjs Dekan, Rektor IAIN Samarinda, Dr.Mukhammad Ilyasin, M.Pd juga menitipkan semangat kepada mahasiswa FTIK, sebab menurutnya dipundak mahasiswa itulah kemajuan peradaban islam diletakkan, khususnya di kalimantan timur, “tema yang diangkat pada stadium general ini sejalan dengan visi IAIN Samarinda, dan anda sebagai agen IAIN harus mampu membawa perubahan ditengah masyarakat” ucap Rektor IAIN Samarinda, tak lupa ia pun memberi apresiasi tinggi dalam pelaksanaan stadium general ini, mengingat strategisnya tema pembahasan dan animo tinggi yang ditunjukkan oleh mahasiswa FTIK.
Dimoderatori oleh Dr. Saipul Hamdi M.A, kegiatan ini berjalan sangat dinamis, hal itu terbukti dengan adanya beberapa pertanyaan yang disampaikan oleh para peserta studium general. Dalam penyampaiannya Prof. Dr. H. Mujamil Qomar, M.Ag mengatakan dibutuhkan pemikiran, perenungan dan penelaahan untuk menyempurnakan kembali orientasi pendidikan Islam sehingga mampu berdaya emansipatoris dari berbagai keterpasungan, menjaga keseimbangan pemenuhan kehidupan manusia (Naskah dapat download disini). #IMF

Categories: BERITA TERBARU, humas ftik

Comments are closed.