FTIK News. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan membuka Kelas Unggulan untuk Program Studi Pendidikan Agama Islam. Wacana Rektor untuk membentuk kelas unggulan yang disampaikan disela-sela pengarahan pada acara pertemuan seluruh pegawai FTIK di ruang rektorat, Rabu, 10/08/16. Tidak hanya sekedar wacana, hal ini disambut positif oleh FTIK dengan menindaklanjuti dengan beberapa kali mengadakan rapat internal dihadiri oleh Pejabat atau pimpinan di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Terakhir Rapat diadakan dengan  mengambil tempat di rumah makan Bebek Caping Jl. AM. Rifaddin (Rapak Dalam).(14/09/16)

Rapat  dipimpin langsung Pjs. Dekan Dr. Khojir, M.SI. yang dihadiri pihak pimpinan di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan dengan agenda rapat Kelas Unggulan. Berlangsungnya rapat dalam suasana santai, namun serius.

Pada rapat tersebut Pjs Dekan FTIK menjelaskan tentang agenda rapat terkait kelas unggulan secara teknis dengan membentuk tim kelas unggulan, penentuan pengelola, sistem rekrutmen, kualifikasi ketenagaan atau  Dosen, Kurikulum, Desain Ruangan dan Sistem Perkuliahan.

Sebagaimana yang disampaikan Bapak Dr. Khojir, M.SI selaku Pjs. Dekan pada rapat tersebut telah memberikan arahan bahwa “rapat hari ini langkah pertama adalah membentuk tim kelas unggulan setelah terbentuk baru membicarakan hal-hal yang terkait dengan pelaksanaan kelas unggulan”.

Wakil Dekan I Bahrani, M.Pd juga memberikan masukan bahwa “rapat hari ini difokuskan saja pada pembentukan tim kelas unggulan yakni tim yang bekerja untuk menyeleksi sumber daya dan sistem rekrutmennya. Hendaknya tim kelas unggulan tersebut melibatkan pihak rektorat, sebagai  penanggungjawab Rektor dan Wakil Rektor I sebagai pengarah yang diketuai oleh Dekan FTIK, dan melibatkan Wakil-wakil Dekan serta Kabag, Kasubbag, Ketua Jurusan dan Kaprodi PAI & MPI’’.

Berdasarkan hasil rapat sistem rekrutmen kelas unggulan didasarkan pada tes kemampuan : Bahasa, Ilmu Keislaman, Akademik, Tahfidz dan Baca Tulis Al-Qur’an. Sedagkan yang menjadi peserta kelas unggulan pada tahun 2016 ini adalah difokuskan mahasiswa Program Studi PAI Semester 1. Pelaksanaan kelas unggulan dimulai dengan melakukan sosialisasi kepada mahasiswa semester 1 pada hari Jum’at sore (16/09/16). Selanjutnya rekrutmen perserta kelas unggulan dengan melakukan tes kemampuan sebagaimana yang telah disebutkan di atas.

Adapun tim penguji Kemampuan Bahasa Arab dan Inggris, Baca Tulis Al Qur’an dan Ilmu Keislaman terdiri dari Dosen yang memiliki kompentensi sesuai dengan bidang keilmuan yang diujikan.

Rencananya Program Kelas Unggulan akan difasilitasi sarana & prasarana yang repsentatif berupa  ruang kelas khusus dengan fasilitas lengkap seperti LCD, ACC dan media pembelajaran yang lengkap serta dosen khusus.

Keberadaan kelas unggulan diharapakan menjadi ciri khas tersendiri keunggulannya bagi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan sehigga output yang dihasilkan dapat menjadi daya tarik oleh dunia kerja yang mampu bersaing dengan perguruan tinggi lain dan juga diharapkan menjadi daya tarik bagi calon mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda.  (Humas FTIK, Asr dan Jhr, 16/09/2016)

Categories: humas ftik

Comments are closed.