_DSC0170IAIN SAMARINDA, FTIK NEWS, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Samarinda, melaksanakan pembekalan terhadap mahasiswa FTIK yang akan melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di beberapa sekolah dari SMA/SMK/MA, SMP/MTs, dan SD/MI di Kota Samarinda.

Pembekalan PKL ini dilaksanakan di Masjid Aji Sultan Sulaiman Jalan HAM. Rifaddin Loa Janan Ilir Samarinda pada hari Selasa 25 Juli 2017 hingga Jum’at 28 Juli 2017. agenda ini dihadiri oleh Wakil Rektor I IAIN Samarinda (Dr. Zurqoni, M. Ag), DEKAN FTIK (Dr. Khojir, M. SI), Wakil Dekan I (Bahrani, M. Pd), Wakil Dekan II (Dr. Muchammad Eka Mahmud, M. Ag), dan Wakil Dekan III (Dr. Zamroni, M. Pd) serta 285 Mahasiswa yang terdiri dari PAI 111 Mahasiswa, MPI 68 Mahasiswa, TBI 46 Mahasiswa, PBA 26 Mahasiswa, PGRA 2 Mahasiswa, PGMI 25 Mahasiswa dan mengikuti Kader Ulama sebanyak 25 Mahasiswa. Yang disebar di 40 sekolah di Kota samarinda dari MA/SMK/SMA, MTs/SMP, dan MI/SD, serta didampingi oleh 40 Supervisor.

Kegiatan PKL ini adalah langkah menuju akhir mahasiswa untuk menjadi Sarjana, sehingga kegiatan PKL ini bertujuan agar mahasiswa mendapatkan pengalaman kerja pada kondisi yang sesunguhnya pada lokasi praktek,  mahasiswa mampu menggali dan menganalisa permasalahan di lapangan, mahasiswa mampu mempraktekan teori di lapangan, dan  mahasiswa  mampu bekerjasama dengan pihak lain.

Sehingga perlu adanya pembekalan sebelum mahasiswa turun ke tempat praktek, menurut ketua panitia  pembekalan PKL ibu Rostanti Toba, M. Pd beliau menyatakan “ pembekalan ini diadakan agar dapat memberikan ilmu pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa sebagai calon guru dan tenaga kependidikan sebagai bekal dalam pengabdian kepada sekolah” terang beliau disela setelah pembukaan PKL selesai.

_DSC0164Ini sesuai dengan pernyataan Dekan FTIK Dr. Khojir, M. SI dalam Sambutannya “Mahasiswa dan Mahasiswi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan  (FTIK) sudah menapaki studi akhir atau PKL, jadi hampir/kurang beberapa langkah kedepan untuk menyelesaikan Studi”.

Selain itu bapak dekan juga menyampaikan agar mahasiswa dapat melaksanakan PKL dengan tertib dan sesuai dengan peraturan peraturan yang ada di sekolah yang sudah di tetapkan serta menjaga keutuhan NKRI dengan cara mengajarkan materi – materi islam yang objektif bukan mengajarkan materi – materi islam  yang tendensius, sehingga kita bisa menjaga dan menanggulangi terjadinya radikalisme. “agar tetap menjaga keutuhan NKRI maka kita wajib mengajarkan materi – materi islam yang objektif bukan materi islam yang tendensius, sebagaimana yang telah diajarkan oleh guru-guru kita. Karena kita adalah institusi pemerintahan” terang Dr. Khojir, M. SI

 

Harapan besar yang diutaran oleh bapak Dr. Zurqoni, M. Ag Wakil Rektor I sebagai perwakilan Rektor IAIN Samarinda adalah agar pelaksanaan PKL tahun ini berjalan dengan lancar tanpa hambatan apapun. Menurut beliau PKL ini adalah sebagai bentuk kejawantahan profesionalitas mahasiswa sebagai calon guru dan sebagian dari kegiatan akademik IAIN Samarinda.

_DSC0168Sehingga PKL ini menjadikan mahasiswa nantinya tidak lagi mengalami kesulitan dalam melakukan pengajaran maupun memanajemen kelas dalam hal belajar  mengajar. “mahasiswa selain memiliki keilmuan yang mumpuni harus juga memiliki kemampuan memanejemenkan kelas sehingga mampu menguasai kelas dan memberikan ilmu yang efisien dan mudah dimengerti oleh siswanya nanti” jelas Dr. Zurqoni, M. Ag dalam sambutannya mewakili Rektor dan sekaligus Membuka Acara. #Humas FTIK

 

 

 

 

 

Be Sociable, Share!
Categories: Uncategorized

Comments are closed.